Seni budaya

Seni musik Tradisional nusantara
1.      Pengertian seni musik
Seni musik adalah yang dieksprisikan dengan media suara yang dituangkan secara teratur,indah,dan dapat dinikmati oleh pendengarnya. Media tersebut terdiri dari dua macam sebagai berikut:
a.Suara manusia
Musik yang dituangkan dalam media suara manusia biasa disebut vokal.
b. alat musik
musik juga dituangkan dalam media alat musik atau instrumen musik. Dalam peraktiknya,musik boiasanya dituangkan dalam media suara manusia dan diiring instrumen musik.
Musik tradisional adalah musik yang di ciptakan dan dipelajari secara turun menurun sebagai salah satu kekayaan daerah. Musik tradisional setiap daerah memiliki ciri khas nya tersendiri sebagai berikut:
1.      Vokal
Musik tradisi biasanya dituangkan dalam bahasa daerah setempat.
2.      Instrumen
Instrumen setiap daerah berbeda-beda. Alat-alat musik yang digunakan biasanya berupa alat-alat musik yang digunakan di daerah tersebut dengan bahan musik yang mudah didapatkan didaerah bersangkutan.
3.      Gagasan
Gagasan yang tertuang dalam musik tradisional sang erat kaitannya dengan falsafah yang di anut oleh daerah-daerah tersebut


.
 
MACAM-MACAM, JENIS-JENIS DAN NAMA ALAT MUSIK TRADISIONAL INDONESIA
Alat Musik Tradisional Indonesia – Sebagai seorang rakyat dari sebuah negara Indonesia yang sangat kaya akan budaya, kali ini saya akan menulis lagi tentang salah satu kekayaan budaya Indonesia yaitu Alat Musik Tradisional Indonesia. Sebelumnya, saya juga sudah pernah menulis artikel yang bertema budaya Indonesia yang lain seperti Rumah Adat Indonesia, Tarian Tradisional Indonesia dan Pakaian Tradisional Indonesia.
Alat Musik Tradisional Indonesia atau yang biasa juga disebut dengan alat musik daerah Indonesia sangat banyak sekali karena biasanya masing-masing provinsi mempunyai alat musik tradisional masing-masing.
Dibawah ini Anda dapat membaca artikel yang berhubungan dengan kumpulan jenis-jenis Alat Musik Tradisional Indonesia yang tersebar di berbagai provinsi. Semoga dapat bermanfaat 

ANGKLUNG

alat musik tradisional angklung alat musik daerah angklung mang udjo Alat Musik Tradisional Indonesia
Alat Musik Tradisional Angklung Jawa Barat
Angklung adalah alat musik yang secara tradisional berkembang di masyarakat Jawa Barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi.

BEDUG

alat musik tradisional bedug alat musik daerah bedug terbesar beduk ketupat 300x224 Alat Musik Tradisional Indonesia
Alat Musik Tradisional Bedug
Bedug merupakan alat musik tradisional yang telah digunakan sejak ribuan tahun lalu, yang memiliki fungsi sebagai alat komunikasi pada zaman dahulu, baik dalam kegiatan ritual keagamaan maupun komunikasi antar masyarakat. Saat ini Bedug biasanya digunakan untuk memberi tahu masyarakat saat memasuki waktu shalat fardhu. Bedug biasanya juga digunakan saat masyarakat mengadakan takbir keliling untuk menyambut hari raya Idul Fitri atau hari raya Idul Adha.

CALUNG

alat musik tradisional calung alat musik daerah calung jawa barat 300x200 Alat Musik Tradisional Indonesia
Alat Musik Calung
Dilihat dari bentuknya, banyak masyarakat yang menyamakan Calung dengan Angklung. Meskipun hampir sama, namun cara membunyikan alat musik tersebut sangat berbeda. Angklung agar keluar bunyinya hanya digoyangkan, sedangkan cara menabuh Calung harus dengan cara memukul batang-batang bambu.

GAMELAN

alat musik tradisional gamelan alat musik daerah gamelan jawa bali 300x210 Alat Musik Tradisional Indonesia
Alat Musik Gamelan Jawa
Gamelan berasal dari bahasa Jawa yang artinya memukul atau menabuh. Beberapa provinsi yang sampai saat ini masih memakai gamelan saat acara-acara adat yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah maupun di Bali. Gamelan saat ini juga makin terkenal saat dipakai untuk acara komedi yang sangat populer di televisi yaitu Opera Van Java (OVJ).


 
Sumber:
penerbit : cv. CAHAYA PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar